MYOB Accounting adalah program aplikasi
akuntansi yang digunakan untuk mengotomatiskan pembukuan secara lengkap, cepat,
dan akurat dan mulai dikembangkan di Australia pada awal tahun 1990an. Untuk
menjalankan software tersebut perlu seseorang yang tidak hanya menguasai
akuntansi tetapi juga harus menguasai bahasa inggris, karena pada aplikasi MYOB
istilah nama akun-akunnya menggunakan istilah dalam bahasa inggris.
Meskipun MYOB dikembangkan di Australia, namun
terdapat pula versi MYOB yang bisa diterapkan untuk kawasan Asia seperti di
Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, bahkan Indonesia, tentu saja dengan
berbagai penyesuaian, khususnya penyesuaian di bidang peraturan perpajakan yang
dianut.
MYOB memiliki tiga versi besar, yakni Basic,
Accounting, dan Premier. Berikut perbedaan dari ketiga versi tersebut :
Tabel
Perbedaan MYOB Menurut Versinya
MYOB Versi Basic
|
MYOB Accounting
|
MYOB Premier
|
- Tidak adanya modul
penting seperti Inventory, Pembelian dan juga Laporan hutang perusahaan.
|
- Memberikan keleluasaan
gerak penggunanya, yaitu dengan tersedianya modul yang lengkap ditambah
dengan adanya kemampuan untuk stock opname.
- Tidak bisa digunakan
untuk banyak computer, hanya untuk single computer
- Hanya menggunakan
satu mata uang (Single Currency)
|
- Semua fasilitas
tersedia di versi ini
- Dapat menggunakan
lebih dari satu mata uang (Multi Currency).
- Dapat digunakan oleh
banyak computer (Multi User)
|
MYOB Limited mengeluarkan dua macam produk MYOB,
yaitu MYOB Accounting dan MYOB Premier. MYOB Accounting berkembang mulai dari
versi 10.5 hingga yang terbaru versi 18, sedang MYOB Premier berkembang mulai
dari 7 hingga versi terbaru saat ini.
MYOB banyak dipakai kalangan bisnis karena memiliki bebebrapa
keunggulan sebagai berikut :
Ø
User friendly (mudah
digunakan)
Ø
Tingkat keamanan
(security) yang valid untuk setiap user
Ø
Kemampuan eksplorasi
semua laporan ke program Excell tanpa melalui proses ekspor impor file yang
rumit
Ø
Dapat diaplikasikan
untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan
Ø
Mampu menampilkan
laporan dalam format komparasi serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk
grafik
Ø
Bisa dijalankan offline
maupun online
Kelemahan MYOB
Ø
Tidak adanya fitur pajak
Ø
Tidak ada pengelolaan
untuk harta tetap
Ø
Tidak memungkinkan
adanya laporan konsolidasi yang dibutuhkan oleh perusahaan multy company.
ZAHIR
Zahir Accounting Versi 1.0 dibuat pertama kali
pada tahun 1996 dan pada tahun 1997, mulai dikembangkan Versi 2.0 dan mulai
dipasarkan pada tahun 1999. Zahir Accounting telah digunakan lebih dari 2000
perusahaan kecil maupun perusahaan besar dengan 6000-an user di Indonesia,
telah memperoleh beberapa penghargaan di tingkat nasional.
Zahir (ZAH/R) Accounting
adalah suatu software akuntansi laporan keuangan terbaik di Indonesia yang
penuh inovasi, fleksibel, berfasilitas lengkap dan berdaya guna tinggi.
Software ini berbasiskan Windows 98/2000/NT/XP/Vista. Perintah-perintah didalam
software ini menggunakan bahasa Indonesia karena memang software ini dibuat
untuk kebutuhan usaha di Indonesia, Oleh karena itu, mudah digunakan dan
berbeda dengan software akuntansi lainnya.
Fasilitas-fasilitas yang ada pada software Zahir :
-
Pencatatan Jurnal Umum, Penjualan, Pembelian, Kas
Masuk, Kas Keluar, Persediaan dengan kemampuan mengaitkan transaksi kepada
suatu proyek. Fasilitas Transaksi berulang untuk membuat jurnal dari transaksi
yang sering berulang.Laporan neraca, Laba Rugi, Buku besar, Neraca Lajur,
Aliran Kas, Hutang Piutang, Persediaan dan proyek.
-
Pencatatan biaya proyek yang lengkap dan
mendetail, sehingga penerapan akuntansi biaya di perusahaan akan sangat mudah,
dan mendukung sistem “Activity Based Costing”
-
Pencatatan persediaan yang lengkap dengan sistem
biaya : FIFO, LIFO, dan Average Costing, fasilitas pembuatan jurnal otomatis
seperti Auto Build dan Stock Opname serta fasilitas untuk Penentuan Harga Jual.
-
Pembuatan jurnal penyesuaian persediaan dan
cadangan penghapusan piutang secara otomatis saat pembuatan jurnal penjualan
-
Pengelolaan Harga Tetap,
dengan fasilitas dengan penentuan beban penyusutan dengan berbagai metode.
Serta fasilitas pembuatan jurnal penyusutan otomatis saat tutup buku bulanan
-
Pencetakan faktur penjualan,pembelian, faktur
pajak dengan kemudahan untuk mengkostumisasi layout faktur sesuai keinginan
pengguna
Jenis-jenis Produk Sofware Zahir Accounting :
-
Zahir Payroll V 1.0 berguna untuk pengelolaan
data karyawan dan proses penggajian.
-
Zahir Merdeka dapat menggunakan Zahir Accounting
tanpa harus membeli paket berharga mahal, cukup membeli CD Starterkit dan
Voucher Pra Bayar, mulai Rp 34 ribu per 30 hari transaksi (Termasuk PPN) .
-
Zahir POS Versi 5.1 merupakan software kasir yang
berfungsi mencatat penjualan harian dengan kecepatan input transaksi yang
tinggi.
-
Zahir Report Server Versi 5.1 merupakan aplikasi
web based untuk melihat laporan dan grafik melalui internet melalui aplikasi
web browser.
-
Zahir Small Business Accounting Versi 5.1 berguna
untuk pembukuan sederhana, mengelola uang, piutang, tagihan dan pelaporan
dengan harga sangat terjangkau
-
Zahir FlexyMoney Versi 5.1 berguna untuk pembukuan
praktis dan lengkap, yang mengelola uang, giro, piutang, tagihan dan pelaporan
secara mudah dan cepat
-
Zahir FlexyTrade Versi 5.1 berguna untuk
pembukuan praktis dan lengkap, mengelola uang, persediaan barang dagangan,
piutang, tagihan dan pelaporan secara mudah dan cepat
-
Zahir Accounting Personal Versi 5.1 berguna untuk
usaha yang menerima order dengan sistem proyek, mengelola dan menghitung
penyusutan fixed asset, sesuai untuk bidang usaha advertising, kontraktor, dll.
-
Zahir Accounting Standard Versi 5.1 memberikan
kemudahan dalam mengelola proyek, menghitung penyusutan fixed asset, sesuai
untuk bidang usaha kontraktor, realestate, pabrik kecil, ritail, dll
-
Zahir Enterprise Versi 5.1 menggunakan database
Client Server dengan berbagai fasilitas baru seperti multi level pricing,
salesman commission, laporan yang dapat didesain, laporan dapat di drill down
untuk menampilkan detail laporan, dll
good job gan
BalasHapussolder uap