Breaking News
Loading...
Kamis, 17 Maret 2016

PERISTIWA ISRA MI'RAJ

Ada beberapa pendapat mengenai waktu kejadian Isra’ Mi’raj. Ada yang berpendapat, Isra’ terjadi enam bulan sebelum hijrah (bulan Muharram) tahun ketiga belas dari nubuwah. Ada juga yang berpendapat Isra’ terjadi setahun sebelum hijrah, tepatnya pada bulan Rabi’ul awwal tahun ketiga belas dari nubuwah. Dan masih ada beberapa pendapat lain. Tetapi dalam kandungan surat Al-Isra’ menunjukkan bahwa Isra’ terjadi pada masa-masa akhir.

Para imam hadits meriwayatkan rincian peristiwa ini sebagai berikut :

Rasulullah SAW di isra’kan dengan jasadnya dari Masjidil Haram ke Baitul Maqdis. Dengan menaiki buraq yang disertai Jibril, lalu turun di sana dan shalat mengimami para nabi lain. Sementara buraq diikat pada tali pintu masjid.

Pada malam itu pula, dari Baitul Maqdis beliau naik ke langit dunia bersama Jibril. Jibril meminta izin agar dibukakan pintu langit dibukakan baginya. Setelah itu, di sana beliau melihat Adam, bapa sekalian manusia. Beliau mengucapkan salam dan Adam menyambut kedatangan beliau, menjawab salam dan menetapkan nubuwah beliau. Allah memperlihatkan roh orang-orang yang mati syahid ada di sebelah kanan dan roh orang-orang sengsara ada di sebelah kiri.

Kemudian naik lagi ke langit kedua. Jibril meminta izin bagi beliau. Setelah dibukakan, beliau melihat Yahya bin Zakaria dan Isa bin Maryam. Setelah bertemu, beliau mengucapkan salam dan mereka menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.

Kemudian naik lagi ke langit ketiga. Di sana beliau melihat Yusuf. Beliau mengucapkan salam dan Yusuf menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.

Kemudian naik lagi ke langit keempat. Di sana beliau melihat Idris. Beliau mengucapkan salam dan Idris menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.

Kemudian naik ke langit kelima. Di sana beliau melihat Harun bin Imran. Beliau mengucapkan salam dan Harun bin Imran menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.

Kemudian naik lagi ke langit keenam. Di sana beliau melihat Musa bin Imran. Beliau mengucapkan salam dan Musa bin Imran menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.

Ketika Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam akan berlalu darinya, maka Musa menangis.

“Mengapa engkau menangis?” ditanyakan kepadanya.

Musa menjawab, “Aku menangis karena ada pemuda yang diutus sesudahku, yang masuk surga bersama umatnya dan lebih banyak daripada umatku yang masuk ke sana.”

Kemudian naik lagi ke langit ketujuh. Di sana beliau melihat Ibrahim as. Beliau mengucapkan salam dan Ibrahim menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.

Kemudian beliau naik lagi ke Sidratul-Muntaha, lalu dibawa naik lagi ke Al-Baitul-Ma’mur. Kemudian dibawa naik lagi untuk menghadap Allah Yang Maha Perkasa dan mendekat dengan-Nya, hingga jaraknya tinggal sepanjang dua ujung busur atau lebih dekat lagi. Lalu Allah mewahyukan apa yang diwahyukan kepada hamba-Nya. Allah mewajibkan kepada beliau shalat lima puluh kali. Beliau kembali hingga bertemu Musa.

“Apa yang diperintahkan kepadamu?” tanya Musa.

“Shalat lima puluh kali,” jawab beliau.

“Sesungguhnya umatmu tidak akan sanggup melakukannya. Kembalilah menemui Rabb-mu dan mintalah keringanan kepada-Nya bagi umatmu,” kata Musa.

Beliau memandang ke arah Jibril, meminta pendapatnya. Maka Jibril mengisyaratkan dengan berkata, “itu benar, jika memang engkau menghendaki.”

Bersama Jibril beliau naik lagi hingga menghadap Allah yang Maha Perkasa. Begitulah yang disebutkan dalam riwayat Al-Bukhari dalam beberapa jalan. Jumlah shalat itu dikurangi sepuluh. Kemudian beliau turun hingga bertemu Musa dan menyampaikan kabar kepadanya.

“Kembalilah lagi menemui Rabb-mu dan mintalah keringanan kepada-Nya,” kata Musa. Begitulah beliau mondar-mandir menemui Musa dan Allah Azza wa Jalla hingga shalat ditetapkan lima kali.

Sebenarnya, Musa menyuruh beliau kembali lagi menemui Allah dan meminta keringanan. Namun beliau bersabda, “Aku sudah malu kepada Rabb-ku. Aku sudah ridha dan menerimanya.”

Setelah beberapa saat, ada seruan terdengar, “Kewajiban dari-Ku telah Kutetapkan dan telah Kuringankan bagi hamba-Ku.”

 Dalam perjalanan Isra’ Mi’raj ini banyak peristiwa yang terjadi didalamnya.
Misalnya :

1.     Beliau ditawari susu dan khamr, lalu beliau memilih susu.
2.    Beliau melihat empat sungai surga yang dua sungai tampak dan dua lainnya tidak tampak. Dua sungai yang tampak adalah Nil dan Eufrat yang menandakan bahwa risalah beliau akan menempati daerah yang subur antara Nil dan Eufrat, yang penduduknya akan menjadi pengemban Islam.
3.    Beliau melihat surga dan neraka, serta malaikat penjaga neraka yang tidak pernah senyum dan tidak ada kegembiraan dan keceriaan di wajahnya.
4.    Beliau melihat balasan yang diterima oleh orang-orang yang berbuat menyimpang atau tidak sesuai syariat ketika masih hidup di dunia.
5.    Beliau melihat kafilah dari penduduk Makkah dalam kepergian dan kepulangannya. Beliau menunjukkan seekor onta milik mereka yang terlepas dan beliau juga meminum air mereka di bejana yang tertutup selagi mereka tidur. Ini merupakan bukti kebenaran yang disampaikan esok harinya setelah malam Isra’.

Keesokan harinya ketika berada di tengah kaumnya, Rasulullah SAW mengabarkan secara detail apa yang diperlihatkan Allah berupa tanda-tanda kekuasaan-Nya tersebut. Namun semua rentetan kejadian yang disampaikan justru membuat mereka menjauhkan diri dan orang-orang dzalim tidak menghendaki kecuali kekufuran.

Ada yang berkata bahwa Abu Bakar ra. dijuluki “Ash-Shiddiq” karena dia langsung membenarkan kejadian ini selagi semua orang mendustakannya.

Alasan paling nyata dan paling besar dari perjalanan ini telah difirmankan Allah dalam Al-Isra ayat 1, Al-An’am ayat 75 dan Thaha ayat 23.

Allah telah menjelaskan maksud dari kehendak-Nya ini, “Agar dia termasuk orang-orang yang yakin”, setelah ilmu para Nabi itu ditopang dengan tanda-tanda kekuasaan yang dapat dilihat langsung. Padahal mendengar suatu kabar tidak sama dengan melihat dengan mata kepala sendiri, maka mereka pun semakin siap  mengemban beban di jalan Allah, sabar dan tidak merasa berat sedikit pun.

Sumber : Buku “Sirah Nabawiyah” karangan Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfury

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer