Breaking News
Loading...
Rabu, 02 Maret 2016

TANYA JAWAB SYARIAH “BAGAIMANA CARA MENGAJARKAN IKHLAS KEPADA ANAK”

Oleh : Ustadzah Afifah
Tanya: Mengenai ikhlas khususnya dalam mengajarkan hafalan kepada anak usia 5 tahun. Bolehkah memberikan penjelasan kepada anak bahwa jika rajin belajar membaca dan menghafalkan Al Qur'an akan mendapatkan pahala dan surga Allah, serta bisa mengikuti lomba hafidz Indonesia kalau juarakan bisa dapat hadiah umroh dan naik pesawat, (karena anak saya ingin naik pesawat, mengunjungi kabah, dan berumroh).

Jawab :
Mengajarkan anak untuk ikhlas itu bertahap. Bahkan kita sendiri yang dewasa masih perlu terus untuk belajar ikhlas. Yang terpenting kita ajarkan bahwa, hendaklah kita mengharapkan semuanya, baik itu kebahagiaan di dunia dan akhirat semata-mata kepada Allah saja. Bukan mengharapkan dari manusia. Hanya saja teknisnya untuk anak kecil, agak berbeda. Mereka hanya dapat mengerti ganjaran jika berupa materi yang dapat dilihat dan dirasakan langsung.

Ketika mendapatkan suatu kenikmatan, kaitkan bahwa itu adalah ganjaran dari Allah, dan manusia hanya perantara saja. Seiring dengan bertambahnya usia anak nanti, perlahan-lahan kita dapat menjelaskan konsep ikhlas lebih mendalam lagi.


Berikan penjelasan yang sesuai dengan daya paham anak. Semoga kelak anak-anak kita menjadi penghafal Al Qur'an dan ikhlas hanya mengharapkan ridha Allah semata.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer