Breaking News
Loading...
Rabu, 02 Maret 2016

PENGHALANG SABAR

Qatadah rohimahullah menyebutkan bahwa Iblis memiliki anak yang bernama Tsabr yang sepesialis menangani orang-orang yang sedang menghadapi musibah. Dia memiliki target agar manusia gagal menjalani ujian berupa musibah.

Ada beberapa indikasi kegagalan seseorang menjalani ujian musibah (semoga Allah SWT tidak membebankan kepada kita apa yang tidak kuat menanggungnya... Aamiiin).

Indikasi Pertama :
Marah dan jengkel terhadap keadaan yang sedang dia hadapi. Padahal bisa jadi keadaan buruk tersebut adalah hanya ujian yang apabila dia kuat dan lulus maka akan mendatangkan kecintaan Allah SWT kepada kita.

"Dan sesungguhnya Allah SWT itu jika mencintai seseorang hamba maka Dia akan mengujinya (dengan musibah) maka barangsiapa ridha maka Allah SWT ridha kepada-Nya, dan barangsiapa marah (kesal/jengkel) maka Allah SWT marah kepadanya." (HR. Tirmidzi).

Rasa jengkel ini bisa berlanjut pada dosa-dosa lain yang berbahaya. Seperti menjerit, mencela takdir, merobek baju, menjambak rambut dan semisalnya. Atau dikenal dengan Nihayah (meratapi jenazah).

Seorang yang melakukan nihayah oleh Rasulullah SAW diperingatkan dalam haditsnya, sebagaimana diriwayatkan dari Abu Malik Al Asy’ari ra. Rasulullah SAW bersabda, "Empat hal yang terdapat pada umatku yang termasuk perbuatan jahiliyah yang susah untuk ditinggalkan:
1 membangga-banggakan kebesaran leluhur,
2 mencela keturunan,
3 mengaitkan turunnya hujan kepada bintang tertentu, dan
4 meratapi mayit (nihayah).

Lalu beliau bersabda, "Seorang yang melakukan nihayah jika tidak bertaubat sebelum matinya maka pada hari kiamat kelak akan dibangkitkan dengan jubah dari ter dan pakaian dari kudis." (HR. Imam Muslim).


Indikasi Kedua :
Su'uzh-zhan atau berprasangka buruk kepada Allah SWT. Mungkin dia akan berfikir, inilah balasan Allah SWT padahal saya telah berbuat baik dan beribadah juga berdoa. Na'udzubillah.

Jika syaitan menggoda sampai batas ini maka target selanjutnya akan mudah lagi dia capai yakni putus asa dan akhirnya meninggalkan ibadah dan berdoa kepada Allah SWT bahkan bisa juga berbalik untuk berbuat maksiat kepada Allah SWT.

Tips mengalahkan Tsabr :
1Perbanyak membaca Al Qur'an dan mentaddaburi isinya.
2Banyak berdzikir dan mengucap kalimat istirja' (innaa lillahi wa innaa ilaihi rooji'uun).
3Banyak melakukan shalat di Masjid.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer