Ada
beberapa pendapat mengenai waktu kejadian Isra’ Mi’raj. Ada yang berpendapat,
Isra’ terjadi enam bulan sebelum hijrah (bulan Muharram) tahun ketiga belas
dari nubuwah. Ada juga yang berpendapat Isra’ terjadi setahun sebelum hijrah,
tepatnya pada bulan Rabi’ul awwal tahun ketiga belas dari nubuwah. Dan masih
ada beberapa pendapat lain. Tetapi dalam kandungan surat Al-Isra’ menunjukkan
bahwa Isra’ terjadi pada masa-masa akhir.
Para imam hadits
meriwayatkan rincian peristiwa ini sebagai berikut :
Rasulullah
SAW di isra’kan dengan jasadnya dari Masjidil Haram ke Baitul Maqdis. Dengan
menaiki buraq yang disertai Jibril, lalu turun di sana dan shalat mengimami
para nabi lain. Sementara buraq diikat pada tali pintu masjid.
Pada malam itu pula, dari
Baitul Maqdis beliau naik ke langit dunia bersama Jibril. Jibril meminta izin agar
dibukakan pintu langit dibukakan baginya. Setelah itu, di sana beliau melihat
Adam, bapa sekalian manusia. Beliau mengucapkan salam dan Adam menyambut
kedatangan beliau, menjawab salam dan menetapkan nubuwah beliau. Allah
memperlihatkan roh orang-orang yang mati syahid ada di sebelah kanan dan roh
orang-orang sengsara ada di sebelah kiri.
Kemudian naik lagi ke
langit kedua.
Jibril meminta izin bagi beliau. Setelah dibukakan, beliau melihat Yahya bin
Zakaria dan Isa bin Maryam. Setelah bertemu, beliau mengucapkan salam dan
mereka menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.
Kemudian naik lagi ke
langit ketiga.
Di sana beliau melihat Yusuf. Beliau mengucapkan salam dan Yusuf menjawabnya,
menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.
Kemudian naik lagi ke
langit keempat.
Di sana beliau melihat Idris. Beliau mengucapkan salam dan Idris menjawabnya,
menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.
Kemudian naik ke langit
kelima.
Di sana beliau melihat Harun bin Imran. Beliau mengucapkan salam dan Harun bin
Imran menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.
Kemudian naik lagi ke
langit keenam. Di
sana beliau melihat Musa bin Imran. Beliau mengucapkan salam dan Musa bin Imran
menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.
Ketika
Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam akan berlalu darinya, maka Musa menangis.
“Mengapa
engkau menangis?” ditanyakan kepadanya.
Musa
menjawab, “Aku menangis karena ada pemuda yang diutus sesudahku, yang masuk
surga bersama umatnya dan lebih banyak daripada umatku yang masuk ke sana.”
Kemudian naik lagi ke
langit ketujuh.
Di sana beliau melihat Ibrahim as. Beliau mengucapkan salam dan Ibrahim
menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau.
Kemudian beliau naik lagi
ke Sidratul-Muntaha,
lalu dibawa naik lagi ke Al-Baitul-Ma’mur. Kemudian dibawa naik lagi untuk
menghadap Allah Yang Maha Perkasa dan mendekat dengan-Nya, hingga jaraknya
tinggal sepanjang dua ujung busur atau lebih dekat lagi. Lalu Allah mewahyukan
apa yang diwahyukan kepada hamba-Nya. Allah mewajibkan kepada beliau shalat
lima puluh kali. Beliau kembali hingga bertemu Musa.
“Apa
yang diperintahkan kepadamu?” tanya Musa.
“Shalat
lima puluh kali,” jawab beliau.
“Sesungguhnya
umatmu tidak akan sanggup melakukannya. Kembalilah menemui Rabb-mu dan mintalah
keringanan kepada-Nya bagi umatmu,” kata Musa.
Beliau
memandang ke arah Jibril, meminta pendapatnya. Maka Jibril mengisyaratkan
dengan berkata, “itu benar, jika memang engkau menghendaki.”
Bersama
Jibril beliau naik lagi hingga menghadap Allah yang Maha Perkasa. Begitulah
yang disebutkan dalam riwayat Al-Bukhari dalam beberapa jalan. Jumlah shalat
itu dikurangi sepuluh. Kemudian beliau turun hingga bertemu Musa dan
menyampaikan kabar kepadanya.
“Kembalilah
lagi menemui Rabb-mu dan mintalah keringanan kepada-Nya,” kata Musa. Begitulah
beliau mondar-mandir menemui Musa dan Allah Azza wa Jalla hingga shalat
ditetapkan lima kali.
Sebenarnya,
Musa menyuruh beliau kembali lagi menemui Allah dan meminta keringanan. Namun
beliau bersabda, “Aku sudah malu kepada Rabb-ku. Aku sudah ridha dan
menerimanya.”
Setelah
beberapa saat, ada seruan terdengar, “Kewajiban dari-Ku telah Kutetapkan dan
telah Kuringankan bagi hamba-Ku.”
Dalam
perjalanan Isra’ Mi’raj ini banyak peristiwa yang terjadi didalamnya.
Misalnya :
1.
Beliau
ditawari susu dan khamr, lalu beliau memilih susu.
2. Beliau melihat empat
sungai surga yang dua sungai tampak dan dua lainnya tidak tampak. Dua sungai
yang tampak adalah Nil dan Eufrat yang menandakan bahwa risalah beliau akan
menempati daerah yang subur antara Nil dan Eufrat, yang penduduknya akan
menjadi pengemban Islam.
3. Beliau melihat surga dan
neraka, serta malaikat penjaga neraka yang tidak pernah senyum dan tidak ada
kegembiraan dan keceriaan di wajahnya.
4. Beliau melihat balasan
yang diterima oleh orang-orang yang berbuat menyimpang atau tidak sesuai
syariat ketika masih hidup di dunia.
5.
Beliau
melihat kafilah dari penduduk Makkah dalam kepergian dan kepulangannya. Beliau
menunjukkan seekor onta milik mereka yang terlepas dan beliau juga meminum air
mereka di bejana yang tertutup selagi mereka tidur. Ini merupakan bukti
kebenaran yang disampaikan esok harinya setelah malam Isra’.
Keesokan
harinya ketika berada di tengah kaumnya, Rasulullah SAW mengabarkan secara
detail apa yang diperlihatkan Allah berupa tanda-tanda kekuasaan-Nya tersebut.
Namun semua rentetan kejadian yang disampaikan justru membuat mereka menjauhkan
diri dan orang-orang dzalim tidak menghendaki kecuali kekufuran.
Ada
yang berkata bahwa Abu Bakar ra. dijuluki “Ash-Shiddiq” karena dia langsung
membenarkan kejadian ini selagi semua orang mendustakannya.
Alasan
paling nyata dan paling besar dari perjalanan ini telah difirmankan Allah dalam
Al-Isra ayat 1, Al-An’am ayat 75 dan Thaha ayat 23.
Allah
telah menjelaskan maksud dari kehendak-Nya ini, “Agar dia termasuk orang-orang
yang yakin”, setelah ilmu para Nabi itu ditopang dengan tanda-tanda kekuasaan
yang dapat dilihat langsung. Padahal mendengar suatu kabar tidak sama dengan
melihat dengan mata kepala sendiri, maka mereka pun semakin siap mengemban beban di jalan Allah, sabar dan
tidak merasa berat sedikit pun.
0 komentar:
Posting Komentar