Selasa, 10 November 2020

Rabu, 21 Oktober 2020

Selasa, 20 Oktober 2020

MATERI PERTEMUAN 6 TAHAPAN NORMALISASI


 Untuk mengetahui ada apa saja dalam tahapan normalisasi, silahkan download materi tambahan pada link berikut: http://bit.ly/pert6-TahapanNormalisasi

Rabu, 14 Oktober 2020

PERTEMUAN 5 SISTEM INFORMASI KEUANGAN

Materi pertemuan 5 lebih detailnya bisa kalian download PPT nya lewat link berikut:
http://bit.ly/pert5_SisfoKeuangan
 

Selasa, 13 Oktober 2020

PERTEMUAN 5 - NORMALISASI


 Materi Normalisasi Pertemuan 5 bisa didownload pada link berikut : http://bit.ly/Pert5-Normalisasi

PERTEMUAN 5 LINGKUNGAN SOSIAL DAN INTERAKSI SOSIAL

Materi tambahan pertemuan 5 matakuliah Character Building bisa didownload melalui link berikut :

1. Lingkungan Sosial dan Interaksi Sosial : http://bit.ly/Charbul-Pert5
 

Rabu, 07 Oktober 2020

PERTEMUAN 4 SISTEM INFORMASI MANUFAKTUR DAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN


 Materi tambahan pertemuan 4 yang membahas Sistem Informasi Manufaktur dan Sistem Informasi Pemasaran bisa didownload pada link berikut: http://bit.ly/SIM-Pert4

Senin, 05 Oktober 2020

MATERI TAMBAHAN PERTEMUAN 4 MATAKULIAH SISTEM BASIS DATA


 Untuk materi tambahan pertemuan 4 matakuliah Sistem Basis Data bisa didownload melalui link berikut:

1. ERD : http://bit.ly/Pert4-ERD

MATERI TAMBAHAN MATAKULIAH CHARACTER BUILDING PERTEMUAN 4

 

Untuk materi tambahan pertemuan 4 matakuliah Character Building, bisa didownload pada link berikut:

1. Lima Kebutuhan Dasar Manusia : http://bit.ly/CharbulPert4-1

2. Jendela Johari : http://bit.ly/JendelaJohari

Rabu, 30 September 2020

MATERI TAMBAHAN MATAKULIAH SIM PERT-3 MANAJEMEN DAN ORGANISASI

 

Untuk pejelasan lebih lengkap materi Pertemuan 3 Matakuliah SIM bisa didownload pada link berikut: http://bit.ly/SIM_Pertemuan3

Selasa, 29 September 2020

MATERI TAMBAHAN PERTEMUAN 3 MODEL DATA


 Materi tambahan pertemuan 3 bisa kalian download pada link berikut : http://bit.ly/Pert_ModelData

Rabu, 23 September 2020

MATERI TAMBAHAN PERTEMUAN 2 MATAKULIAH SIM

Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai Materi Pertemuan 2, maka silahkan download materi tambahan Pertemuan 2 Matakuliah SIM pada link berikut: http://bit.ly/pert2_SIM



 

Selasa, 22 September 2020

MATERI TAMBAHAN CHARACTER BUILDING PERTEMUAN 2

 

Untuk Materi Tambahan Pertemuan 2, bisa di download lewat link berikut:

1. Dasar Teori MBTI : http://bit.ly/DasarTeoriMBTI

2. Instant Insight Inventory : http://bit.ly/InstantInsightInventory

3. Preferensi MBTI : http://bit.ly/PreferensiMBTI

Selasa, 15 September 2020

JENIS-JENIS KECERDASAN

 

1.       Kecerdasan Linguistik : kecerdasan dalam mengolah kata, yaitu kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Contoh : jurnalis, juru cerita, penyair, dan pengacara.

 2.       Kecerdasan Logika – Matematika : kecerdasan dalam hal angka dan logika. Kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Contoh : ilmuwan, akuntan, pemogram computer.

 


      3.      Kecerdasan Visual-SpasiaL : kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (Cermat). Visual : gambar, spasial : ruang, tempat. Contoh : arsitek, fotografer, artis, pilot, dan insinyur. 

      4.  Kecerdasan Musikal : kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk music.

 5.       Kecerdasan Intrapersonal : kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Orang yang memiiki kecerdasan ini sangat menghargai nilai (aturan-aturan), etika (sopan santun) dan moral. Contoh : konselor, ahli teologi, dan wirausahawan.

 6.       Kecerdasan Interpersonal : kemampuan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain, kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Contoh : pimpinan sebuah perusahaan, direktur.

 7.       Kecerdasan kinestik : kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Contoh : atlet, pengrajin, montir, dan ahli bedah.

 8.       Kecerdasan Eksistensial : keinginan tinggi tentang arti kehidupan, kematian, dan realitas hidup

       9.    Kecerdasan Naturalis : kemampuan mengenali alam sekitar dan peduli dengan sesama makhluk hidup

Rabu, 03 Juni 2020

METODE PENGUJIAN WHITE BOX

PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
“Proses menelusuri dan mempelajari sebuah program dalam rangka menemukan kesalahan pada perangkat lunak sebelum diserahkan kepada pengguna”. (Roger S. Pressman, 7th edition).

Sasaran pengujian pada perangkat lunak adalah(sukamto,2009):
1. Pengujian adalah proses eksekusi suatu program dengan maksud menemukan kesalahan.
2. Test case yang baik adalah test case yang memiliki probabilitas tinggi untuk menemukan kesalahan yang belum pernah ditemukan sebelumnya.
3. Pengujian yang sukses adalah pengujian yang mengungkap semua kesalahan yang belum pernah ditemukan sebelumnya



Karakteristik umum dari pengujian perangkat lunak adalah sebagai berikut :
1. Pengujian dimulai pada level modul dan bekerja kearah integrasi pada sistem berbasiskan komputer.
2. Teknik pengujian yang berbeda sesuai dengan poin-poin yang berbeda pada waktunya.
3. Pengujian diadakan oleh software developer dan untuk proyek yang besar oleh group testing yang independent.
4. Testing dan debugging adalah aktivitas yang berbeda tetapi debugging harus diakomodasikan pada setiap strategi testing.



STRATEGI PENGUJIAN PERANGKAT LUNAK
1. Unit testing:
pengujian komponen individual (modul di pemrograman prosedural atau class di OOP).
2. Integration testing: pengujian terhadap koleksi dari komponen-komponen yang bekerja bersamaan.
3. Validation testing: pengujian aplikasi terhadap kebutuhan pengguna.
4. System testing: pengujian aplikasi secara keseluruhan.



WHITE BOX TESTING
Pengujian white box adalah pengujian yang didasarkan pada pengecekan terhadap detil perancangan, menggunakan struktur kontrol dari desain program secara procedural untuk membagi
pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian.

Alasan pengujian White Box:
Adanya kesalahan logik dan asumsi yang tidak tepat pada setiap kemungkinan eksekusi
Ada kemungkinan alur program yang tidak tereksekusi
Ada kemungkinan kesalahan typographi yang sulit ditemukan kalau tidak dijalankan.



KELEBIHAN WHITE BOX TESTING
1. Kesalahan logika.
Digunakan pada sintaks ‘if’ dan pengulangan. Dimana White Box Testing akan mendeteksi kondisi-kondisi yang tidak sesuai dan mendeteksi kapan proses pengulangan akan berhenti.
2. Ketidaksesuaian asumsi. Menampilkan asumsi yang tidak sesuai dengan kenyataan, untuk di analisa dan diperbaiki.
3. Kesalahan ketik. Mendeteksi bahasa pemrograman yang bersifat case sensitive.

KELEMAHAN WHITE BOX TESTING
Untuk perangkat lunak yang tergolong besar, White Box Testing dianggap sebagai strategi yang tergolong boros, karena akan melibatkan sumber daya yang besar untuk melakukannya.

Kasus yang sering menggunakan white box testing akan di uji dengan beberapa tahapan yaitu

Pengujian seluruh keputusan yang menggunakan logikal.
Pengujian keseluruh loop yang ada sesuai batasan-batasannya.
Pengujian pada struktur data yang sifatnya internal dan yang terjamin validitasnya.

Persyaratan dalam Pengujian White Box Testing
Berikut ini terdapat beberapa persyaratan dalam pengujian white box testing, terdiri atas:
  • Medefinisikan semua alur logika
  • Membangun kasus untuk digunakan dalam pengujian
  • Mengevaluasi semua hasil pengujian
  • Melakukan pengujian secara menyeluruh
Jenis-Jenis White Box Testing
Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis white box testing, terdiri atas:
  1. Basis Path


Metode identifikasi yang berdasarkan pada jalur, struktur atauk oneksi yang ada dari suatu sistem ini biasa disebut juga sebagai branch testing, karena cabang-cabang dari kode atau fungsi logika diidentifikasi dan dites, atau disebut juga sebagai control-flow testing.

Ada 2 bentuk Basis path, yaitu:
  • Zero Path: Jalur penghubung yang tidak penting atau jalur pintas yang ada pada suatu sistem.
  • One Path: Jalur penghubung yang penting atau berupa proses pada suatu sistem.


  1. Cyclomatic Complexity


Adalah pengukuran software yang memberikan pengukuran kuantitatif dari kompleksitas logika program. Pada konteks metode basis path testing, nilai yang dihitung bagi cyclomatic complexity menentukan jumlah jalur-jalur yang independen dalam kumpulan basis suatu program dan memberikan jumlah tes minimal yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua pernyataan telah dieksekusi sekurangnya satu kali.
Jalur independen adalah tiap jalur pada program yang memperlihatkan 1 kelompok baru dari pernyataan proses atau kondisi baru.

3.Graph Matrix







    Adalah matrik berbentuk segi empat sama sisi, dimana jumlah baris dan kolom sama dengan jumlah node, dan identifikasi baris dan kolom sama dengan identifikasi node, serta isi data adalah keberadaan penghubung antar node (edges).

    Beberapa properti yang dapat ditambahkan sebagai pembobotan pada koneksi antar node di dalam graph matrix, sebagai berikut:
    Kemungkinan jalur (Edge) akan dilalui / dieksekusi.
    Waktu proses yang diharapkan pada jalur selama proses transfer dilakukan.
    Memori yang dibutuhkan selama proses transfer dilakukan pada jalur.
    Sumberdaya (resources) yang dibutuhkan selama proses transfer dilakukan pada jalur. 



    Senin, 18 Mei 2020

    GUI ( GRAPHICAL USER INTERFACE)


    DEFINISI GUI
    Pengertian GUI adalah Graphical User Interface dalam dunia komputer. Pada komputer terdapat GUI atau antarmuka pengguna secara grafis. Istilah ini bukan hal yang lumrah pada saat awal kemunculan komputer. Namun setelah komputer generasi keempat mulai diciptakan, munculnya televisi berwarna (yang mendorong pada penciptaan layar monitor berwarna) serta evolusi pada perangkat penampil gambar (graphic adapter atau graphic card atau video card) membuat komputer mulai mendapatkan suatu sistem baru.

    GUI adalah bentuk yang ditampilkan pada pengguna yang memungkinkan user untuk berinteraksi dengan perangkat.

    GUI juga memiliki pengertian berupa media yang digunakan bisa berupa ikon grafis, indikator audio dan interface lainnya dibanding tampilan text, command dan lainnya.
    Secara sederhana, GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya. Sebagai contoh, tentu anda paham dengan sebuah ikon berbentuk kertas dengan huruf W diatasnya kan? Itu adalah ikon untuk menjalankan Microsoft Word, sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengetik.
    Tujuan GUI yaitu GUI seperti ikon dan objek grafis lainnya adalah untuk membantu pengguna dalam berinteraksi dengan software komputer
    Kelebihan GUI yang paling utama ialah user-friendly, dibandingkan pendahulunya seperti MS-DOS, text-based command line, dan Shell Unix.
    Sejarah Singkat Mengenai GUI
    Pada awal diciptakannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik pada layar monitor menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun perintah-perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi. Hal ini tentu saja dirasa tidak praktis dan kurang canggih. Selain itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang kebanyakan dengan cara yang praktis dan mudah diingat.
    Akhirnya lahirlah yang disebut dengan GUI atau graphical User Interface. GUI adalah seperangkat aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon dan alat penunjuk lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini didasarkan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibanding tulisan. GUI pertama kali digunakan dalam komputer yang diproduksi oleh Apple yakni Machintosh dengan Steve Jobs sebagai penggagasnya. Namun belakangan sistem operasi lain mengikutinya, seperti misalnya Microsoft dengan GUI Windows-nya yang menjadi tren setter penggunaan start menu dan taskbar di bawah.
    G.U.I pertama kali dikembangkan di Xerox PARC oleh Alan Kay, Douglas Engelbart, dan sekelompok peneliti lain pada 1981.
    Disusul kemudian oleh Apple yang memperkenalkan Lisa computer (gambar di bawah) dengan GUI pada 19 Januari 1983.

    Komputer Lisa dengan GUI | gambar: www.macstories.net

    CONTOH GUI

    Selain pada komputer, penggunaan graphical user interface juga diterapkan pada beberapa jenis usaha yang spesifik. Sebagai contoh adalah ATM milik bank. Meskipun berbasis teks, namun sudah dianggap semi GUI karena pengguna tidak perlu mengetikkan perintah untuk mentransfer uang. Anda hanya perlu menekan tombol yang sejajar dengan menu yang ada. Bahkan saat ini mesin ATM bank sudah banyak yang dilengkapi dengan layar sentuh. 
    Beberapa contoh dari GUI bisa ditemukan di OS lain, seperti:
    ·         Microsoft Windows
    ·         Apple System 7 and macOS.
    ·         Chrome OS.
    ·         Linux seperti Ubuntu.
    Meskipun OS GUI masih membutuhkan bantuan mouse dan keyboard, kelebihan ini tentu lebih terasa dibanding kita harus mengetik command-line.
    Misal, jika kita ingin membuka folder cukup dengan mengklik icon folder dua kali, ketimbang mengetik open atau exec.
    Tidak Semua OS GUI, dulu ada sistem operasi semacam MS-DOS yang masih memerlukan command-line agar dapat berfungsi.
    Selain itu, beberapa versi Linux dan bahkan Linux modern (tertentu) juga tampilannya non-GUI.
    User dapat beraktivitas dengan bantuan pointing device, seperti mouse atau pen tablet yang bisa digunakan hampir di semua aspek GUI.

    GUI juga menjadi terobosan untuk beberapa perangkat modern, terutama teknologi touchscreen yang bisa melepaskan diri dari mouse.
    Sumber Referensi :

    Minggu, 17 Mei 2020

    MATERI SIM PERTEMUAN 7 QUIZ

    Silahkan Download Materi SIM Pertemuan 7 pada link berikut : https://bit.ly/SIM_Pert7

    Sabtu, 18 April 2020

    Mahasiswa UBSI Tegal Juara Lomba Krenova Tingkat Kota Tegal

    Tegal (17/4/2020) Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Tegal berhasil meraih juara Harapan I Lomba Krenova (Kreativitas Inovasi Masyarakat) tingkat Kota Tegal. Tim Krenova UBSI Tegal menjadi juara berdasarkan surat keputusan hasil penilaian lomba krenova Kota Tegal Tahun 2020 oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kota Tegal. Empat mahasiswa yang terdiri dari Muhammad Nur Indria, Fathurrohman Al Ubaidillah, Shofa Nabila Alfa dan Zamghoni Mukhotob  membuat alat inovasi dengan tema Alat Pendeteksi Kebocoran Listrik Rumah Berbasis Mikrokontroller Arduino.  Kamis (16/04/2020)
    Menurut Kepala Program Studi Teknologi Komputer UBSI kampus Tegal Suleman, Tim Krenova UBSI Tegal mampu menyisihkan puluhan peserta perwakilan dari beberapa kampus, SMA/SMK serta masyarakat umum. Pada lomba tersebut Tim harus melewati beberapa babak penyisihan mulai dari penilaian video presentasi tentang kegunaan alat inovasi, hingga monitoring alat oleh tim juri krenova melalui survei secara langsung di Kampus UBSI Kota Tegal.


    "Peserta lomba krenova perwakilan dari tim mahasiswa UBSI Kampus Tegal mempunyai inovasi dibidang teknologi, dan telah berusaha melewati babak penyisihan mulai dari penilaian video presentasi tentang kegunaan alat inovasi, hingga monitoring alat oleh tim juri Krenova. Alhamdulilah kita mendapat juara harapan 1, saya ucapkan selamat untuk tim dan teruslah berkarya” pesan Suleman. Kamis (16/04/2020)
    Setelah mampu menjadi juara pada lomba krenova, tim krenova UBSI Tegal menyampaikan rasa terimakasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung. Hal tersebut disampaikan salah satu perwakilan tim.
    “Saya perwakilan dari tim krenbova UBSI Tegal bersyukur telah menjadi juara pada lomba krenova pada tahun ini. Saya ucapkan kepada kampus dan teman mahasiswa yang telah memberikan dukungan kepada tim kami sehingga kami dapat menjadi juara pada lomba krenova tahun ini,” Ujar shofa

    Selain mendapat juara, tim Krenova UBSI Tegal bersama keempat peserta lainya menjadi perwakilan Kota Tegal untuk maju Lomba Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah.
    Zhamgoni, salah satu perwakilan tim mengungkapkan perjuangan untuk maju ke ajang krenova belum usai, masih ada tingkat provinsi yang harus dihadapi, maka dari itu harus mendapatkan dukungan dari beberapa pihak khususnya kampus dan teman-teman mahasiswa.
    "Dengan adanya dukungan dari beberapa pihat khususnya kampus dan teman mahasiswa membuat kami semakin semangat untuk maju ke tingkat provinsi. Kami harap majunya kami ke tingkat provinsi dapat memotivasi mahasiswa-mahasiswa UBSI Tegal untuk selalu berinovasi terutama dibidang teknologi" harap Zhamgoni


    Sumber Berita : https://www.panturaterkini.com/2020/04/mahasiswa-ubsi-tegal-juara-lomba.html

    Jumat, 13 Maret 2020

    Sosialisasi Outline Tugas Akhir Prodi Sistem Informasi Kampus Kota Tegal


    Program Studi Sistem Informasi (Prodi SI) UBSI Kota Tegal menggelar kegiatan Sosialisasi Tugas Akhir Mahasiswa Semester VI, Kamis, 12 Maret 2020. Tujuan kegiatan ini memberikan pemahaman mengenai outline Tugas Akhir (TA) 2020 Prodi Sistem Informasi. Seminar ini dilaksanakan di Ruang Kelas UBSI Kota Tegal dengan diikuti 40 peserta
    Ketua Prodi SI UBSI Kota Tegal sekaligus pemateri, Husni Faqih M.Kom, kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun menjelang Tugas Akhir mahasiswa.
    “Juga sebagai forum diskusi, memberikan motivasi mahasiswa untuk menghasilkan TA yang maksimal dan lulus tepat waktu,”lanjutnya.





    Salah satu peserta, marfanio , mengaku sangat terbantu dengan adanya sosialisasi tersebut sehingga dia tidak bingung lagi dalam menentukan outline TA. “Informasi yang disampaikan sangat jelas sehingga saya dan teman-teman yang akan menyusun TA sudah mantap dnegan pilihan kami masing-masing.

    Husni berharap untuk mahasiswa yang mengikuti TA Periode 1 tahun 2020 dapat memilih outline TA dengan tepat, melalui proses bimbingan dengan baik, menghasilkan karya TA dengan maksimal, dan lulus tepat waktu dengan nilai terbaik. “Sedangkan bagi mahasiswa yang mengikuti ujian komprehensif agar dapat mempersiapkan diri secara maksimal dengan menguasai mata kuliah yang akan diujikan, serta lulus dengan nilai sesuai dengan harapan.

    Sumber Berita : https://www.panturaterkini.com/2020/03/sosialisasi-outline-tugas-akhir-prodi.html

    Senin, 09 Maret 2020

    UBSI Tegal melaksanakan Kegiatan Persamaan Persepsi Mata Kuliah

    Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Tegal melaksanakan Kegiatan Persamaan Persepsi Mata Kuliah. Kegiatan dilaksanakan di UBSI Kampus Kota Tegal, Jl. Sipelem No.22, Kraton, Kec. Tegal Barat.
    Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dosen-dosen pengampu mata kuliah Manajemen Proyek Sisitem Informasi, Analisa & Perancangan Sistem Informasi,Interaksi Manusia Komputer, Metode Penelitian, Interaksi Manusia Komputer, Web Programming III, Analisa & Perancangan Sisitem Informasidalam mengatasi perbedaan pandangan/persepsi yang dapat menyulitkan mahasiswa dalam penyusunan laporan projek UAS.

    Husni Faqih, M.Kom selaku pemateri menyampaikan beberapa poin penting tentang outline laporan projek UASProgram Studi (Prodi) Sistem Informasi, serta diskusi mengenai ketentuan dalam pengambilan judul, kelompok dan persamaan persepi outline yang diambil
    Husni berharap seluruh dosen pengampu mata kuliah tersebut di UBSI Kampus Kota Tegal dapat memahami outline laporan projek UAS dan mengarahkan mahasiswa untuk membuat projek mata kuliah sesuai dengan output laporan penelitian yang baik.

    Selasa, 03 Maret 2020

    Materi APSI Pertemuan 7 QUIZ

    Materi APSI Pertemuan 7 bisa didownload pada link berikut:
    https://bit.ly/Pert7-APSI

    Materi APSI Pertemuan 6

    Materi APSI Pertemuan 6 bisa didownload pada link berikut: https://bit.ly/Pert6-APSI

    Download Materi Tambahan : https://bit.ly/APSI-Pert6

    Materi APSI Pertemuan 5

    Materi APSI Pertemuan 5 bisa didownload pada link berikut: https://bit.ly/Pert5-APSI

    Download Materi Tambahan : https://bit.ly/APSI-Pert5

    Materi APSI Pertemuan 4

    Materi APSI Pertemuan 4 bisa didownload pada link berikut:
    https://bit.ly/Pert4-APSI

    Materi APSI Pertemuan 3

    Materi APSI Pertemuan 3 bisa didownload pada link berikut:
    https://bit.ly/Pert3-APSI

    Materi APSI Pertemuan 2

    Materi APSI Pertemuan 2 bisa didownload pada link berikut:
    https://bit.ly/Pert2-APSI
    Download Materi Tambahan:
    https://bit.ly/APSI-Pert2

    Materi APSI Pertemuan 1

    Materi APSI Pertemuan 1 bisa didownload pada link berikut:
    https://bit.ly/Pert1-APSI

    Senin, 02 Maret 2020

    Materi APSI Pertemuan 9

    Materi APSI Pertemuan 9 bisa didownload pada link berikut:
    https://bit.ly/Pert9-APSI

    SLIDE MATERI SISTEM BASIS DATA

    Silahkadn Download Slide Materi Matakuliah Sistem Basis Data dari Pertemuan 1 - 15 : https://bit.ly/Slide_SISBAD

    Kamis, 27 Februari 2020

    UBSI Tegal Mengadakan Workshop Sitasi Jurnal dengan Mendeley

    TEGAL – Prodi Teknologi Komputer Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Tegal menggelar Workshop Manajemen Jurnal menggunakan Mendeley dengan tema ”Implementasi Aplikasi Manajemen Referensi dan Plagiarisme untuk Penulisan Ilmiah”.  Workhsop ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil penelitian Dosen UBSI kampus Tegal terutama jurnal, baik nasional maupun internaional. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Februari 2020 yang dihadiri oleh Dosen UBSI Tegal.


    Keberadaan sebuah perangkat lunak untuk membantu dalam penulisan karya ilmiah sangat penting, agar penulis tidak terjebak dalam tindak plagiasi ketika melakukan sebuah kutipan. Dengan aplikasi tersebut, penulis dapat melacak dan mengidentifikasi keaslian dan kualitas setiap referensi yang mereka gunakan. Salah satu aplikasi tersebut adalah Mendeley. Aplikasi Mendeley merupakan sebuah aplikasi “Citation and Reference Manager” yang berguna untuk mengelola dan berbagi data penelitian, melakukan pencarian jurnal, serta berkolaborasi dengan sesama peneliti di seluruh belahan dunia yang terhubung internet. Dengan aplikasi ini, penulis dapat melakukan manajemen referensi dalam makalahnya, di antaranya mengatur tata kelola penulisan daftar pustaka serta kutipan dari artikel referensi. Sitasi menjadi salah satu faktor penting yang ditargetkan untuk meningkatkan peringkat Dosen dan juga bagi kampus atau perguruan tinggi (PT) itu sendiri. Sebab, jumlahnya sitasi yang tinggi menandakan pula bahwa penelitian yang dilakukan kampus atau PT akan berdampak luas di kehidupan masyarakat.
    Dany Pratmant dan team LPPM, selaku narasumber menjelaskan sitasi (citation) tidak dapat dilepaskan dari sebuah karya tulis ilmiah. Sitasi menjadi sangat penting dalam penulisan seperti karya tulis ilmiah. Seringkali penulis pemula, mahasiswa dan masyarakat akademik pada umumnya, terjebak dalam tindakan yang salah karena kurang berhati-hati dalam sebuah sitiran. Mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelolaan referensi ilmiah Open Source yang dapat digunakan secara bebas oleh dosen, peneliti, dan mahasiswa untuk mengelola dokumen ilmiah dan referensi ilmiah. Dalam workshop ini, materi meliputi proses pendaftaran akun, instalasi aplikasi Mendeley Desktop, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan bibliografi menggunakan Mendeley, juga dibahas tentang daftar pustaka otomatis dan plagiarism online.
    Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan para peserta (red:dosen) sangat antusias dalam mengikuti rangkaian workshop ini. Diharapkan dengan adanya pelatihan pengelolaan referensi ilmiah menggunakan Mendeley ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dari dosen, peneliti di lingkungan UBSI Kampus Tegal. Selain itu menjadi peluang dosen, peneliti UBSI dapat lebih eksis di kancah akademis, khususnya di dunia maya yang akan memberikan dampak positif bagi mereka dan juga bagi Universitas Bina Sarana Informatika. (shule)

    Selasa, 11 Februari 2020

    Tingkatkan Penelitian Dosen, Universitas BSI Kampus Tegal Gelar Workshop Data Mining

    TEGAL – Prodi Sisitem Informasi Universitas BSI Kampus Kota Tegal menggelar Workshop Data Mining dengan RapidMiner sebagai penunjang publikasi Ilmiah Dosen. Workhsop ini digelar dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian Dosen Universitas BSI terutama penelitian dengan tema Data Mining. Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Selasa, 11 Februari 2020 dan dihadiri oleh para Dosen Universitas BSI yang memiliki minat pada bidang Data Mining.

    Husni Faqih, M.Kom selaku Ka.Prodi Sistem Informasi sekaligus ketua pelaksana kegiatan mengatakan bahwa saat ini dengan berkembang pesatnya media sosial membuat Big Data sebagai salah satu sumber daya yang sangat penting. Dimana Big Data merupakan serangkaian data dan perilaku yang dihimpun dari para pengguna Internet, baik yang diakses lewat komputer maupun smartphone. Dari Big Data ini dapat diolah dengan Data Mining yang menghasilkan prediksi, deskripsi, klasifikasi, dan asosiasi dari data sehingga hasil Data Mining akan sangat bermanfaat bagi penggunanya baik bisnis, pemerintahan, kesehatan dan bidang lain. Melihat pentingnya Data Mining ini, dia sangat berharap para Dosen Universitas BSI dapat membuat penelitian tentang Data Mining di setiap tahunnya.

    Elly Muningsih, M.Kom selaku narasumber membahas data mining dari pengertian, jenis data, kategori data mining, penerapan dan penerapan tools pengolahnya yaitu RapidMiner. Pengenalan RapidMiner meliputi pengenalan dari bagian-bagian yang ada seperti Menu File, Operator yang berisi operator yang digunakan, Repository untuk menyimpan data dan proses, main Process yang merupakan lembar kerja RapidMiner, Parameter dan Help. Pengolahan data mining dengan RapidMiner dicoba dengan kategori Clustering (pengelompokan), Classification (klasifikasi) dan Association (asosiasi). Data yang digunakan menggunakan data UCIMachineLearning dan data Sample dari RapidMiner. Pengolahan data meliputi persiapan data, pre-processing, pemilihan model sampai ke evaluasi (Performance) dan Validation.

    “Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan animo dari para dosen (peserta) baik. Semoga tujuan dari workshop ini terpenuhi nantinya, yaitu setiap tahun para dosen Universitas BSI Kampus Kota Tegal mampu mempublikasikan hasil penelitian dengan tema data mining.” tutur Husni.

    Selasa, 04 Februari 2020

    Workshop & English Training Section for TOEFL Test in UBSI Kampus Tegal

    Salah satu penentu mutu perguruan tinggi adalah dilihat dari kualitas dosen pengajar. Untuk mengetahui kualitas dari dosen, Indonesia memiliki standar penilaiannya, yaitu kepemilikan sertifikasi dosen (Serdos). Yang mana sertifikasi dosen (Serdos) itu sendiri merupakan proses pemberian sertifikat pendidik kepada dosen. Program ini merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional, dan memperbaiki kesejahteraan dosen, dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Salah satu syarat dari pengajuan Sertifikasi Dosen adalah memiliki sertifikat (lulus) Test of English Proficiency (TOEP) yang terdiri dari Listening (50 butir soal) dan Reading (50 butir soal). Namun terdapat kendala bagi para dosen untuk lulus TOEP dikarenakan kurangnya minat dosen dalam bahasa Inggris dan kurangnya pelatihan-pelatihan TOEP, TOEFL dan sejenisnya.

    Sehubungan dengan Sertifikasi Dosen Tahun 2020 yang mewajibkan bagi seluruh dosen calon peserta sertifikasi untuk mengikuti Test Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan TOEP, maka Prodi Sisitem Informasi, Prodi Sistem Informasi Akuntansi, dan Prodi Teknologi KomputerUBSI KampusKota Tegal bekerjasama dengan Lembaga Bahasa UBSI men
    ggelar pelatihan Bahasa Inggris (Workshop and English Training Section for TOEFL Test).
     Kegiatan ini digelar selama 3 hari mulai Selasa-Kamis (4-6 Februari 2020) di UBSI Kampus Kota Tegal dengan peserta para Dosen UBSI Kampus Kota Tegal yang sudah eligible SERDOS.

    Octa Pratama Putra,S.S.,M.Pd dan Fiola Kuhon, S.Pd.,M.Pd. selaku narasumber pada hari pertama membahas tentang TOEFL, TOEIC, TOEP, dan IELTS. Dilanjutkan dengan pembahasan materi strategi-strategi dan latihan-latihan untuk menghadapi Listening dan Reading pada TOEFL. Workshop hari ke-2 masuk ke materi teknikal dan lebih banyak latihan-latihan untuk mengasah kemampuan Bahasa Inggris para peserta sebagai persiapan mengikuti TOEP. Workshop hari ke-3 para peserta akan mengikuti Test TOEFL resmi dari Lembaga Bahasa UBSI.

    “Semoga para dosen yang menjadi peserta Workshop TOEFL ini mendapatkan ilmu tambahan tentang TOEFL dan Bahasa Inggris pada umumnya untuk kemudian memiliki kepercayaan diri mengikuti ujian TOEP dari PLTI yang merupakan salah satu syarat SERDOS. Semoga lulus serdos semua, aamiin” tutur Husni Faqih, M.Kom selaku ketua pelaksana kegiatan.